2030 Inggris Bebas Rokok, Warganya Diminta Beralih ke Vape

18 April 2023 08:02
Penulis: Ramses Manurung, lifestyle
Ilustrasi wanita sedang menghisap vape sebagai pengganti rokok/ist

Sahabat.com - Pemerintah Inggris menargetkan negaranya bebas dari rokok mulai tahun 2030. Sejalan dengan kebijakan tersebut warga Inggris diminta beralih ke vape atau rokok elektrik. Sementara untuk perempuan hamil yang merokok, Pemerintah Inggris akan menawarkan tambahan insentif keuangan untuk membantu berhenti merokok.     

Dengan mendukung skema ‘swap to stop’ (beralih untuk berhenti) Kementerian Kesehatan Inggris akan membagikan perlengkapan vape secara gratis kepada satu juta perokok. Program ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah perokok di negara tersebut.

Hampir satu dari lima perokok akan diberikan vape atau sebuah starter kit rokok elektrik, bersama dengan dukungan untuk membantu berhenti merokok.

"Kami akan menawarkan satu juta perokok sebuah bantuan baru untuk berhenti. Kami akan mendanai skema nasional ‘beralih untuk berhenti' - yang pertama di dunia," kata Menteri Kesehatan Inggris, Neil O’Brien, Selasa (18/4/2023).

Pemanfaatan produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik atau vape, produk tembakau yang dipanaskan, serta kantong nikotin untuk membantu perokok beralih dari kebiasaannya bukan tanpa sebab.

Pasalnya, kajian ilmiah lembaga eksekutif Departemen Kesehatan Inggris, Public Health England yang kini dikenal dengan nama UK Health Security Agency (UKHSA) menunjukkan produk tembakau alternatif memiliki profil risiko yang lebih rendah daripada rokok.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment