Pulau-pulau Wisata di Indonesia

20 Juni 2023 11:10
Penulis: Supriyanto, lifestyle
Pulau banda Neira, di Maluku, menjadi salah satu tujuan lokasi bagus di Indonesia. (net)

Sahabat.com - Ingin berwisata di masa liburan tiba? Coba kunjungi beberapa tempat wisata yang ada di tanah air. Beberapa pulau wisata yang tersebar di seluruh Indonesia ini bakal buat kamu puas habiskan masa liburanmu.

Keindahan alam berpadu dengan iklim tropis yang hangat membuat Indonesia bak surga dunia yang siap menjadi tempat berlibur dan bersantai para turis lokal maupun mancanegara. 

Berikut beberapa deretan pulau di Indonesia dengan pesona keindahannya yang wajib Anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

1. Pulau Pahawang

Pulau terindah pertama adalah Pulau Pahawang yang masuk wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Salah satu destinasi wisata terbaik untuk tempat bermain snorkeling ini menyajikan keindahan alam yang masih asri.

 

2. Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Kepulauan Wakatobi merupakan bagian kawasan Taman Nasional Wakatobi yang menyimpan banyak keindahan.

Ada wisata alam bawah laut serta pantai-pantai yang bisa kamu nikmati dan wisata alam lainnya.

 

3. Karimunjawa, Jawa Tengah

Karimunjawa merupakan pulau dengan luas daratan sekitar 1.500 hektare dan perairan 110.000 hektare.

Kepulauan Karimun Jawa terletak di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. 

Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau kecil yang tersebar di laut Jawa. Di kawasan tersebut anda bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti snorkeling, menyelam, atau sekedar bersantai menikmati hamparan pasir putih di tepi pantai. Satu hal yang harus anda perhatikan, waktu berkunjung terbaik ke kawasan Karimun Jawa adalah saat pergantian musim, yakni pada bulan Maret-April atau Oktober-November. Menurut informasi, di waktu-waktu tersebut gelombang air laut cenderung tenang.

 

4. Pulau Bintan, Kepulauan Riau

Salah satu pulau tercantik di Indonesia ini adalah Pulau Bintan yang masih tenang dan sepi.

Pulau ini menyajikan pantai nan eksotis dan beberapa lokasi wisata yang bisa kamu eksplorasi.

Mulai dari Pantai Trikora dengan 3 warna hingga wisata sejarah di Pulau Penyengat.

 

5. Pulau Banda Neira, Maluku

Banda Neira merupakan pulau indah yang ada di Maluku.

Kamu bisa menjelajah di pulau ini dengan menggunakan kapal dan menikmati keindahan matahari sambil snorkeling atau diving.

 

6. Pulau Cinta, Gorontalo

Pulau terindah di Indonesia lainnya adalah Pulau Cinta di Gorontalo atau sering disebut sebagai Maldivesnya Indonesia.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pulau ini, mulai dari  menjelajah area hutan, menyusuri pulau sambil menikmati suasana laut, dan snorkeling atau diving.

 

7. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat merupakan lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Ada sekitar 75% jenis spesies laut seluruh dunia serta menjadi rumah bagi 540 jenis karang , 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.

 

8. Pulau Weh, Sumatra

Pulau Weh adalah sebuah pulau vulkanik yang dulunya pernah terhubung dengan Pulau Sumatera.

Pulau Weh adalah sebuah pulau di ujung barat nusantara yang merupakan tempat berdirinya tugu nol kilometer Indonesia. Pulau ini memiliki banyak objek wisata yang akan menyegarkan mata, hati dan pikiran para pelancong. Daya tarik utama pulau ini diantaranya menyelam, mendaki gunung dan bersantai di pantai.

Bagi anda yang ingin datang ke Pulau Weh, anda bisa menuju Pelabuhan Ulee Lheu Aceh untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Balohan Sabang dengan menggunakan kapal. Waktu tempuh antara kedua pelabuhan tersebut paling lama 2 jam.


9. Pulau Labengki, Sulawesi Tenggara

Kepulauan menawan di Sulawesi Tenggara ini menyajikan banyak keindahan lautan dan pesisirnya.

Kamu bisa menikmati keindahan alam sambil melakukan aktivitas menyelam dan lainnya.

 

10. Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan salah satu pulau di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini terletak di Laut Sulawesi, dan memiliki ombak yang tenang.

Pulau kecil ini memiliki pemandangan bawah air yang menawan dan merupakan salah satu lokasi diving atau menyelam terbaik di Indonesia. Tak heran, banyak wisatawan yang menjuluki Pulau Maratua sebagai Maldives-nya Indonesia.

 

11. Pulau Padar

Pulau Padar terletak di kawasan Taman Nasional Komodo, dan pulau terbesar ketiga setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Meski namanya tak setenar Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca, namun keindahan Pulau Padar tidak bisa dipandang sebelah mata.

Terdapat hamparan pantai berwarna merah muda atau yang dikenal sebagai pink beach, dimana pantai ini sangat cocok digunakan untuk bersantai, berenang, bermain air ataupun ber-snorkeling. Selain menikmati keindahan pink beach, anda juga harus mendaki ke puncak bukit yang berada di Pulau Padar ini. Pasalnya, pemandangan alam di atas puncak bukit ini sungguh mempesona.

Itulah daftar pulau terindah di Indonesia yang sajikan pemandangan alam mempesona dan tidak kalah dari Maldives, bisa menjadi salah satu pilihan tujuan wisatamu dikala liburan nanti.

Semoga bermanfaat, ya.


 

0 Komentar

Berita Terkait

Sejarah Monumen Nasional

  • 1 bulan lalu
  • 0
  • 0
Leave a comment