Leunca, Berikut Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

27 Mei 2024 09:27
Penulis: Alamsyah, lifestyle
Leunca (Solanum nigrum) adalah anggota keluarga nightshade. (iStockphoto)

Sahabat.com - Leunca adalah sayuran berbentuk bulat kecil dengan tekstur lembut. Sering digunakan mentah atau sebagai bahan sambal, sayuran ini kaya nutrisi dan memiliki manfaat bagi kesehatan.

Leunca (Solanum nigrum) adalah anggota keluarga nightshade. Sayuran ini berwarna hijau saat muda, namun berubah menjadi ungu kehitaman saat matang. Namun masyarakat Indonesia mengonsumsi leunca hijau dalam jumlah besar.

Mengonsumsi leunca tidak hanya menambah rasa dan aroma pada makanan Anda, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Hal ini berkat banyaknya nutrisi yang terkandung dalam leunca, termasuk antioksidan.

Nutrisi Leunka

Leonka 100 gram mengandung sekitar 38 kalori dan nutrisi sebagai berikut:

7,6 gram karbohidrat

1,1 gram protein

0,3 gram lemak

7 miligram kalsium

55 miligram fosfor

2 gram serat

1 miligram zat besi

Selain itu, leunca juga mengandung senyawa alami berupa vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, betakaroten, zinc, dan flavonoid. saponin, tanin, antosianin.

Khasiat leunca bagi kesehatan

Leunca sering digunakan sebagai bahan obat tradisional karena dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Memperkuat sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C, zinc, Beta-karoten Leunca memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh agar tidak cepat sakit. Selain itu, protein yang terkandung dalam sayuran ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan karena berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2. Menurunkan Kolesterol

Leunca mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. 

Senyawa tersebut mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah. Hal ini dapat mengurangi risiko pengerasan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

3. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Leunca merupakan pilihan makanan sehat untuk kulit Anda. Protein, lemak, dan antioksidan yang ditemukan di Leunca membantu memperbaiki dan meregenerasi jaringan kulit yang rusak. 

Dengan cara ini, kulit Anda akan menjadi lebih sehat dan menyembunyikan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, bintik-bintik penuaan, dan kulit kusam.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Sayuran leunca mengandung betakaroten, vitamin C, dan zinc yang memberikan efek positif bagi kesehatan mata. Nutrisi ini dapat mengurangi peradangan mata dan menjaga berfungsinya kornea dan retina, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya katarak dan degenerasi makula.

5. Mencegah Osteoporosis

Mengonsumsi leunca merupakan salah satu cara memperkuat tulang. Manfaat tersebut karena kandungan kalsium, fosfor, dan proteinnya yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang sekaligus meningkatkan kekuatan tulang. Hal ini dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang. ‚Äč

6. Mencegah memburuknya kanker

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat Leunka dalam mencegah memburuknya berbagai jenis kanker, termasuk kanker hati, kanker payudara, dan kanker perut. Leunca mengandung senyawa polisakarida, solamargin, dan antosianin yang menghambat perkembangan sel kanker.

Nutrisi leunca juga meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan pertumbuhan sel kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas Leunca dalam pengobatan kanker.

Leunca dapat dinikmati mentah sebagai lauk, pendamping salad sayuran, atau dimasak dengan sayuran dan protein lainnya. Jika ingin mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, pilihlah leunca yang masih segar dan cuci sayur tersebut dengan air mengalir hingga bersih untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh.

Leunca mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, namun dapat menimbulkan efek samping. Sayuran ini juga mengandung solanin yang dapat menyebabkan iritasi lambung dan keracunan jika dikonsumsi berlebihan, apalagi jika buahnya belum matang.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment